Breaking

Thursday, May 21, 2020

Konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif

Pernah mengunjungi website seperti facebook dan google? atau pernah menggunakan aplikasi ojek online atau toko online? Website, aplikasi ojek online, aplikasi toko online adalah sebagian contoh dari penerapan multimedia interaktif dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu multimedia interaktif? sebelum mengenal istilah multimedia interaktif, alangkah lebih baiknya kita pahami konsep multimedia. Multimedia secara etimologi berasal dari dua kata yaitu Multi dan Medium. Multi yang bermakna banyak atau bermacam-macam, dan medium yang bermakna sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Jadi berdasarkan kata ‘multimedia’ dapat dijabarkan sedagai ruang atau pengintegrasian beberapa media yang kemudian dirumuskan sebagai komponen-komponen multimedia. Komponen-komponen tersebut seperti teks, gambar, suara, animasi, dan video.


Bagaimana dengan multimedia interaktif? Multimedia interaktif adalah suatu aplikasi yang terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi keputusan atau kemampuan untuk mengawal dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.
Penggunaan multimedia interaktif banyak diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari seperti
  1. Website, 
  2. Mesin ATM, 
  3. Aplikasi kasir, 
  4. Aplikasi ojek online,
  5. Aplikasi toko online,
  6. Game, dll.

Sedangkan secara umum manfaat multimedia interaktif dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  1. Hiburan,
  2. Tutorial,
  3. Promosi,
  4. Pembelajaran, dll.

Multimedia interaktif yang digunakan dan dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran disebut Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Multimedia pembelajaran interaktif adalah kombinasi gambar, grafik, teks, audio, video, animasi, simulasi yang terintegrasi secara sinergis menggunakan bantuan aplikasi komputer yang dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi, komunikasi maupun navigasi sehingga memungkinkan pembelajaran yang aktif (
active learning) agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Karakteristik dan kemampuan multimedia pembelajaran interaktif. 
a) Menggabungkan berbagai media baik audio maupun visual. 
b) Mampu mengakomodasi respon pengguna dan bersifat interaktif. 
c) Dapat dijadikan sebagai pembelajaran mandiri, karena memberikan kemudahan dan kelengkapan isi sehingga bisa digunakan tanpa kehadiran seorang guru. 

Manfaat Multimedia Pembelajaran Interaktif
  1. Meningkatkan motivasi belajar siswa, 
  2. Menciptakan suasana pembelajaran yang aktif,
  3. Kualitas belajar dapat ditingkatkan,
  4. Proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta
  5. Pembelajaran lebih menyenangkan.

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis E-Learning/Learning Management System

  • Moodle

Moodle (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy.
Moodle merupakan salah satu E-Learning berbasis PHP dan MySQL (webbased) yang paling populer dan gratis. Mempunyai fitur jadwal pembelajaran, program quiz, presentasi hasil Kerja. Moodle juga ada modul interaksi siswa dengan guru yaitu chatforum, workshop atau survey.

  • MOOC

MOOC adalah singkatan dari Massive Open Online Courses. MOOC memberikan fitur materi berupa dokumen, rekaman video dan alat lain untuk mengajarkan materi kursus atau pelatihan kepada para siswa dengan jumlah tak terbatas dan kapan saja. Tidak ada batasan kehadiran siswa atau syarat untuk mengikuti pelatihan. MOOC yang paling familiar dipakai oleh guru-guru di Indonesia adalah MOOC milik seamolec. Klik disini untuk masuk ke link MOOC Seamolec.

  • Schoology

Schoology merupakan situs LMS sekolah (Learning Management System), lembaga pendidikan tinggi serta perusahaan/institusi yang dapat membuat, berbagi konten serta mengelolanya dengan baik. Fitur fitur yang terdapat pada Schoology adalah Courses (Kursus), Groups (Kelompok), Resources (Sumber Belajar), dan Grades (Nilai)

  • Edmodo

Edmodo memiliki manfaat yang sangat luas sebagai jaringan sosial antara guru dan murid yang dapat dipantau pula oleh orang tua. Apalagi didukung dengan berbagai fitur canggih yang membuat proses belajar mengajar lebih efektif, efisien, dan terorganisir, seperti misalnya fitur polling, gradebook, quiz, file and links, library, assignment, award badge, dan parent code.

  • Google Classroom

Google Classroom adalah sebuah layanan dalam produk G Suite Education, yang dapat diakses melalui web maupun diunduh melalui aplikasi seluler. Karena merupakan bagian dari G Suite, Google Classroom akan terikat dengan dukungan Google Drive, Kelender, Jamboard, Form, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, dan juga Gmail. Artinya, semua layanan tersebut akan terhubung dalam proses pembelajaran di Classroom.

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis situs online atau website

  • ilmukomputer

Ilmukomputer adalah e-learning berbasis komunitas yang menyediakan sumber belajar khusus ilmu komputer dalam bahasa Indonesia secara gratis dan mudah.

  • Wikipedia

Wikipedia adalah salah satu website pendidikan terbesar di dunia yang menyajikan berbagai macam ulasan materi tentang arti kata, penjabaran sains, sejarah, biografi, profil Negara dan lain lain.

  • Brainly

Brainly adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi dan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait dengan pelajaran sekolah secara terbuka ke pengguna lainnya. Brainly mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran sosial untuk siswa, orang tua, dan pendidik. Pendukung Brainly untuk berbagi dan mengeksplorasi pengetahuan secara kolaboratif, dan terlibat dalam bantuan pendidikan peer-to-peer .

  • Golabz.eu

Platform berbagi dan belajar online mengenai laboratorium virtual. Terdapat berbagai macam simulasi dan laboratorium virtual yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas.

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis desktop/offline

  • Kamus Inggris Indonesia
Kamus Inggris Indonesia adalah Sofware Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Inggris –Indonesia dengan cara digital.
  • Aplikasi mengetik 10 jari (type shark)
Software Mengetik dengan 10 Jari Software Mengetik dengan 10 Jari adalah Software untuk latihan mengetik dengan memakai 10 jari yang menarik untuk dipakai.

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile

  • Ruangguru
Aplikasi ruangguru memungkinkan kita untuk konsultasi mengenai materi pembelajaran lewat chat maupun video call. Sehingga aplikasi ini dapat dijadikan narasumber dalam pembelajaran.
  • Rumah Belajar
Aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, memiliki berbagai fitur seperti peta budaya, bank soal, jelajah angkasa dll.


Bagaimana cara membuat multimedia pembelajaran interaktif? Aplikasi apa saja yang harus dibutuhkan? Untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini


No comments:

Post a Comment