Breaking

Tuesday, May 19, 2020

Aplikasi Pembuat Multimedia Pembelajaran Interaktif

Era revolusi industri ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat. Hal itu juga berpengaruh bagi dunia pendidikan dan pembelajaran. Pengintegrasian teknologi di era saat ini sangat penting mengingat pendidikan harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Kehadiran komputer, smartphone maupun gadget harus dimanfaatkan secara maksimal oleh guru maupun siswa. Pemanfaatan alat-alat elektronik seperti komputer, smartphone maupun gadget dalam pembelajaran dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Media pembelajaran menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah segala hal yang dapat dimanfaatkan manusia untuk mengirim informasi maupun pesan dan dapat memotivasi peserta didik dalam belajar.

Media pembelajaran kompleks yang terdiri dari kumpulan beberapa media seperti teks, gambar, suara, video lalu ditambahkan sifat interaktivitas atau terdapat fungsi kontrol terhadap konten bagi penggunanya disebut multimedia interaktif. Beberapa contoh karya multimedia interaktif diantaranya adalah game, profil perusahaan, aplikasi berbasis mobile, website dll. 
Perkembangan multimedia interaktif juga berdampak besar bagi pembelajaran sehingga para pengembang teknologi pembelajaran juga turut mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif guna meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik dalam proses belajar. 
        
Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif

Berikut ini kami jabarkan aplikasi pembuat multimedia pembelajaran interaktif yang dapat bapak/ibu guru/dosen maupun mahasiswa gunakan diantaranya adalah:
  1. Adobe Flash/Adobe Animate
  2. Adobe Dreamweaver
  3. Adobe Captivate
  4. Microsoft Powerpoint
  5. Autoplay Studio
  6. Ispring Suites
  7. Lectora
  8. Articulate Storyline
  9. MIT App Inventor
  10. Unity

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment