Breaking

Thursday, August 2, 2018

Apa itu fotografi? Ayo kenalan lebih jauh.

Halo, pembaca semuanya pastinya sudah tidak asing dengan istilah memfoto ya? ya suatu kegiatan mengabadikan momen-momen indah di sekitar kita dengan menggunakan kamera ataupun ponsel pintar. Namun, sebenarnya apa sih fotografi itu?

IMG_6825
 
 Fotografi  (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu “Photos”: cahaya dan “Grafo”: Melukis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya.

Fotografi berasal dari kata foto yang berarti cahaya dan grafis yang berarti gambar. Dengan berkembangnya teknologi digital yang sangat pesat saat ini bahkan hampir semua orang.
Secara harfiah fotografi bisa diartikan sebagai teknik melukis dengan cahaya. Fotografi merupakan gabungan ilmu, teknologi, dan seni. Perpaduan yang harmonis antara ketiganya bisa menghasilkan sebuah karya yang mengagumkan. Tentunya dengan skill serta sentuhan seni sang fotografer, sebuah foto bisa menjadi berarti.

20160126_084404    
Fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar media penangkap cahaya. Media yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangkan identic dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa)
Fotografi memiliki bermacam-macam manfaat dan tujuan baik untu dokumentasi, penelitian, maupun sebagai media dalam ranah estetika. Dengan foto, suatu momen bisa bertutur atau bercerita.
Lalu, sejak kapan fotografi ditemukan? untuk lebih jelas mengenai sejarah perkembangan fotografi dari masa ke masa silahkan klik disini.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment